Prospek Kerja Lulusan Keuangan Perbankan

Keuangan Perbankan

Dengan melihat perkembangan industri perbankan yang tidak ada matinya, tentu prospek kerja dalam dunia perbankan akan semakin terbuka luas bagi lulusan keuangan perbankan. Akan tetapi hal tersebut tidak berarti lulusan dari program studi tersebut hanya dapat bekerja di bank. 

Karena pada kenyataannya dengan ilmu yang telah mereka pelajari, terdapat banyak prospek kerja untuk lulusan bidang studi tersebut. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak tulisan berikut.

Keuangan Perbankan
Keuangan Perbankan

Prospek Kerja Lulusan Keuangan Perbankan

1. Manajer Investasi

Prospek kerja tersebut berkaitan dengan produk investasi reksa dana. Reksa dana adalah sebuah wadah untuk menghimpun dana dari berbagai masyarakat yang memberikan modal (investor). Dana yang sudah terkumpul tersebut selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi untuk beberapa instrumen investasi seperti saham, deposito, maupun obligasi.

Apabila telah dibeli, maka manajer investasi selanjutnya akan mengatur kapan saham tersebut dijual, kapan obligasi akan dilepas, dan harus mengetahui seberapa banyak dana cash yang dibutuhkan untuk disimpan, serta yang lainnya.

2. Staf Administrasi Keuangan

Pekerjaan sebagai staf administrasi merupakan salah satu pekerjaan andalan bagi para fresh graduate dari program studi keuangan perbankan selain bekerja di bank. Ketika sedang kuliah di program studi keuangan perbankan, anda juga dibekali dengan mata kuliah akuntansi, sehingga anda telah memiliki modal untuk dapat berkarier sebagai staf administrasi keuangan.

Untuk contoh job desc dalam pekerjaan ini yaitu membuat, mengarsip faktur atau nota, memeriksa, hingga melakukan stock opname barang pada setiap bulan ataupun mengecek stock barang serta membuat laporan keuangan.

3. Sebagai Internal Auditor Berbagai Lembaga

Untuk dapat melakukan pengawasan pada sebuah perusahaan guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien, maka internal auditor sangat dibutuhkan. Pengawasan yang dilakukan seperti pengawasan akuntansi yang berupa prosedur yang berkaitan dengan pengamanan harta benda serta catatan pembukuan.

4. Perencanaan Keuangan

Istilah lain untuk menyebut pekerjaan ini adalah finansial planner. Seorang perencana keuangan dapat membantu klien untuk dapat menyiapkan rencana keuangan. Untuk pekerjaan ini dapat bersifat independen atau anda dapat membuka jasa sendiri ataupun anda juga dapat bekerja pada perusahaan tertentu.

Setelah anda membaca tulisan tersebut, khususnya bagi anda yang baru saja lulus dari program studi terkait, maka anda tidak perlu khawatir apabila anda tidak dapat bekerja di bank.

Tinggalkan Balasan