Macam Macam Tabungan yang ada di Indonesia

macam macam tabungan

Sektor perbankan di Indonesia saat ini telah tumbuh semakin subur sehingga menjadikan sektor yang satu ini sebagai salah satu sektor yang diunggulkan oleh negara kita. Tidak hanya bank konvensional, di Indonesia pun telah hadir bank dengan konsep lain seperti bank syariah dan juga bank perkreditan rakyat (BPR). Hadirnya lembaga – lembaga tersebut tidak lain semata – mata untuk memberikan penawaran layanan produk finansial bagi nasabah yang saat ini sudah semakin banyak. Bahkan tersedia macam macam tabungan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan masing – masing. Berikut akan kami paparkan beberapa jenis tabungan yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan.

1.       Tabungan Konvensional

macam macam tabungan
Tabungan Konvensional

Jenis tabungan ini merupakan tabungan yang bisa dikatakan umum dimiliki oleh banyak orang bahkan hampir seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air. Tabungan ini sangat populer sekali karena cara pengajuan dan prosesnya yang terbilang sangat cepat sekali. Untuk tabungan ini, Kamu bisa mendapatkannya secara langsung. Hari ini Kamu mengajukan untuk membuat rekening maka hari ini juga Kamu akan mendapatkannya. Fasilitas dari tabungan ini adalah untuk menyimpan uang, melakukan penarikan kapan pun, aktivitas rekening koran dan melakukan penyetoran.

2.       Tabungan Haji

Tabungan Haji

Berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji adalah salah satu impian umat muslim di seluruh dunia. Maka dari itu, kebanyakan bank saat ini telah menawarkan jenis tabungan untuk mewujudkannya yaitu tabungan haji. Biasanya untuk tabungan ini nasabah diwajibkan untuk melakukan penyetoran uang sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 setiap bulannya. Saat uang yang di tabung sudah terkumpul sebesar Rp 25 juta – Rp 30 juta maka selanjutnya anda bisa mendaftar pada Kementrian agama.

3.       Tabungan Anak

Tabungan Anak

Dewasa ini, ada banyak sekali bank yang menyediakan tabungan untuk anak – anak agar mereka bisa memiliki tabungan nya sendiri. Tabungan ini mampu memberikan edukasi bagi setiap anak – anak agar bisa belajar menghemat uang yang dimilikinya. Tabungan yang satu ini bahkan dikemas dengan tampilan yang sangat menarik agar anak – anak menyukai nya.

4.       Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka dikenal juga dengan istilah deposito. Tabungan ini berbeda dengan macam macam tabungan lainnya karena tidak bisa diambil setiap saat.  Pengambilan uang hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan awal antara nasabah dan pihak bank itu sendiri. Untuk jangka waktu biasanya tersedia antara jangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan dengan keuntungan bunga yang tinggi hingga mencapai 3 – 7 persen.

Itulah macam macam tabungan yang saat ini sudah dikenal luas di negara kita. tabungan – tabungan tersebut bisa Kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing – masing untuk beragam keperluan.

Tinggalkan Balasan