Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Mobil masih menjadi aset berharga bagi sebagian besar orang, maka tidak heran jika mobil dirawat dan dilindungi sedemikian rupa. Salah satu cara melindungi dan merawat mobil adalah dengan mendaftarkannya di asuransi.

Begitu banyak perusahaan yang menawarkan asuransi mobil, namun hal ini malah semakin membingungkan Anda untuk memilih produk asuransi yang tepat. Untuk itu simaklah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:

Image result for Asuransi All Risk Mobil Bekas"
  1. Tidak ada salahnya mempertimbangkan rekomendasi pihak dealer. Hal ini dikarenakan pihak dealer pasti lebih tahu informasi tentang perusahaan asuransi yang memiliki reputasi cukup bagus dan dapat dipercaya.
  2. Sesuaikan dengan kemampuan bujet Anda, hal ini sangatlah penting karena jika Anda salah memilih produk asuransi yang mempunyai premi besar dan melampaui batas bujet Anda maka hal ini akan menimbulkan petaka. Tetapi juga jangan selalu terpaku dengan harga murah saja, tetap pertimbangkan aspek layanan dan fitur yang ditawarkan.
  3. Pahami produk dan jenis-jenis Asuransi mobil dan sesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda, entah apakah itu asuransi all risk ataupun TLO, yang terpenting adalah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mobil Anda.
  4. Pertimbangkan reputasi perusahaan, prosedur klaim, rasio keluhan, bengkel rekanan dan sebagainya. Hal-hal ini sangatlah penting, karena hal-hal inilah yang akan berhubungan langsung dengan pelayanan mobil Anda. Pertimbangkan baik-baik dan ambil keputusan sebijak mungkin, agar nantinya tidak ada penyesalan setelah Anda menggunakan asuransi yang telah Anda pilih.

Selain itu Anda juga perlu untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan yang dibutuhkan rata-rata sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Beberapa dokumen untuk pengajuan asuransi mobil antara lain formulir asuransi, fotokopi STNK mobil, fotokopi KTP, SIM, NPWP, dan Kartu Ijin Tinggal Terbatas atau Kartu ijin Tinggal Tetap bagi warga asing. Setelah semua dokumen lengkap petugas asuransi akan melakukan survei pada mobil Anda. Hasil survey akan didata dan pada tahap berikutnya adalah pembuatan polis dan pembayaran premi. 

Meta: Selain itu Anda juga perlu untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan yang dibutuhkan rata-rata sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Beberapa dokumen untuk pengajuan asuransi mobil antara lain formulir asuransi, fotokopi STNK mobil, fotokopi KTP, SIM, NPWP, dan Kartu Ijin Tinggal Terbatas atau Kartu ijin Tinggal Tetap bagi warga asing.

Tinggalkan Balasan