Persyaratan Untuk Mengambil Pinjaman Sertifikat Rumah

pinjaman sertifikat rumah

Adakalanya kita bingung untuk mendapatkan pinjaman modal atau untuk keperluan lainnya. Mungkin bisa meminjam uang saudara, menjual aset berharga atau dengan mencairkan dana pinjaman sertifikat rumah. Mengajukan pencairan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah, lebih gampang disetujui dan prosesnya lebih cepat. Sebelum mengajukan pinjaman, ada hal-hal yang harus kita perhatikan yaitu:

1. Lokasi Rumah Atau Tanah

Sertifikat tanah mempunyai daya jual yang lebih tinggi dibanding dengan asset-aset berharga lainnya. Tetapi tidak semua tanah atau rumah bisa dijadikan agunan, tergantung letaknya apakah itu di daerah banjir, di gang sempit, pemakanan, atau di dekat sutet. Jadi lokasi yang strategis adalah hal yang utama.

Gambar terkait

2.Memilih Lembaga Keuangan Yang Terpercaya

Kita harus memperhatikan atau mencari tahu tentang bank-bank atau lembaga yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, karena hal itu untuk menjamin keamanan agunan. Kita bisa memilih mencairkan pinjaman sertifikat rumah di bank terpercaya yang memberikan tawaran terbaik, serta suku bunga yang rendah. 

3.Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Sebelum mengajukan pinjaman, kita harus memperhatikan hal-hal yang harus dipenuhi. Seperti halnya calon pemohon harus berpenghasilan minimal 4 juta per bulan, tetapi setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing. Batas usia calon pemohon yaitu antara 21 tahun sampai 65 tahun dan harus warga negara Indonesia. Dan tak lupa kita harus menyiapkan dokumen-dokumen yang lengkap.

4.Menentukan Jumlah Pinjaman

Sertifikat rumah adalah barang yang sangat berharga,untuk itu kita harus hati-hati dalam mengajukan pinjaman sertifikat rumah. Karena prosesnya yang sangat mudah, dikhawatirkan kita akan kesulitan dalam membayar cicilan bulanan. Kita harus bijak dalam mengambil kebijakan pengajuan, dan harus menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

5.Perjanjian Dalam Membayar Cicilan

Kita jangan terlena karena menerima jumlah uang yang banyak, untuk itu harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar dalam membayar cicilan. Menentukan komitmen dalam membayar cicilan sangat penting karena jangan sampai kita keberatan, dan jangan sampai aset kita disita oleh pihak bank. Musyawarah dengan semua anggota keluarga harus kita dahulukan sebelum mengambil keputusan mencari pinjaman.

Tinggalkan Balasan