3 Barang Paling Diminati Saat Harbolnas 2016

146 views

Senin, 19 Desember 2016 | 17:28 WIB

3 Barang Paling Diminati Saat Harbolnas 2016

Kesibukan Pekerja mengepak barang pesanan di gudang toko online Zalora, Cibitung, Jawa Barat, 11 Desember 2015. Hari belanja Online Nasional yang berlangsung pada 10-12 desember 2015 membuat transaksi di toko Online zalora naik 8,5 kali lipat dan diperkirakan akan terus naik pada esok hari. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

Informasi, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional 2016 telah selesai digelar oleh lebih dari 200 bisnis online. Selama tiga hari penyelenggaraannya, lembaga riset PT Nielsen Indonesia memprediksi telah terjadi transaksi dengan nilai total Rp 3,3 triliun.

“Barang yang paling banyak diminati adalah fashion, gadget, dan produk elektonik,” kata Rudi Sumantri, Direktur PT Nielsen Indonesia, di D Lab Menteng Jakarta Pusat, Senin 19 Desember 2016.

Pada penyelenggaraan Harbolnas 2016, Nielsen mendapati ada peningkatan pola belanja konsumen Indonesia. “Fashion, kosmetik dan kebutuhan sehari-hari mengalami banyak perubahan dan peningkatan,” kata Rudi.

Rudi menambahkan bahwa produk kebutuhan sehari-hari mengalami peningkatan tertinggi dengan porsi peningkatan 9 persen dari tahun lalu.

Peningkatan terbesar kedua terjadi pada produk kosmetik sebesar 7 persen lebih tinggi dibandingkan 2015. Sedangkan peningkatan tertinggi ketiga terjadi pada produk fashion yang bertambah 3 persen dari tahun sebelumnya.

Rudi menjelaskan berdasarkan urutan barang yang dibeli konsumen online Indonesia, pembelian terbanyak terjadi pada produk fashion dan pakaian olahraga sebesar 68 persen. Pembelian terbesar kedua pada produk teknologi dan gawai sebesar 44 persen.

Pembelian tertinggi ketiga dilakukan pada produk elektronik sebesar 35 persen. Sedangkan travel di posisi keempat memegang porsi 31 persen.

Produk kelima terbanyak adalah kosmetik dengan porsi 27 persen. Sedangkan kebutuhkan sehari-hari memegang porsi 21 persen.

Nielsen juga mencatat pembelian yang dilakukan di peringkat 7 hingga 10 adalah pembayaran tagihan atau top up sebesar 21 persen, makanan dan minuman sebesar 14 persen, buku dan alat tulis sebesar 8 persen, dan tiket acara sebesar 5 persen.

Sedangkan jika diperinci lebih jauh produk fashion yang paling diincar adalah pakaian, tas dan dompet. Kemudian pada kategori produk teknologi dan gawai, yang paling diincar untuk dibeli adalah aksesoris komputer dan aksesoris ponsel.

Konsumen juga banyak mengincar produk elektonik dengan detail ponsel dan pengeras suara atau speaker. Lalu terahir pada kategori travel produk yang dibeli konsumen terbanyak adalah tiket penerbangan.

MAYA NAWANGWULAN

Baca:
Raksasa Smartphone Dunia Berlomba Ciptakan Layar Lipat
Setelah Mi5, Ini Perangkat Xiaomi yang Dapat Update Nougat
LG Luncurkan Tablet G Pad III 10.1 dengan CPU Octa Core

Sumber : http://tempo.co/read/news/2016/12/19/072828911/3-Barang-Paling-Diminati-Saat-Harbolnas-2016

Leave a reply "3 Barang Paling Diminati Saat Harbolnas 2016"

Author: 
    author