8 Cara Agar Pulsa Ponselmu Tidak Cepat Habis

100 views

Kehabisan pulsa saat sedang menggunakan ponsel adalah salah satu hal yang paling menyebalkan. Pulsa dan paket internet memang sudah menjadi kebutuhan harian utama, apalagi kalau pekerjaan dan kehidupan sosialmu sangat tergantung pada keduanya. Sayangnya, kita sering tidak tahu apa saja yang bisa menyedot pulsa telepon, sampai sudah terlambat dan ponsel kita kehabisan pulsa saat genting.

Kamu mungkin sudah berhati-hati agar pulsa ponselmu tidak cepat habis, tetapi ternyata masih ada saja berbagai hal yang menguras pulsamu dengan cepat. Nah, berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk menghemat pulsa.

Kurangi Waktu Menjelajahi Jejaring Sosial

Jejaring Sosial

Jejaring Sosial

Tahukah kamu kalau jejaring sosial adalah salah satu biang keladi pulsa ponsel yang cepat habis? Hal ini karena situs jejaring sosial biasanya memakan banyak data internet, terutama jejaring sosial yang banyak mengandung foto seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan Path. Selain menghemat pulsa internet, mengurangi waktu aktif di jejaring sosial juga bisa membantumu mencegah “kecanduan”, serta melatih kamu untuk berinteraksi dengan lebih baik di dunia nyata.

 

Kurangi Layanan SMS Premium

SMS Premium

SMS Premium

Kalau kamu masih sering menggunakan layanan SMS premium, misalnya untuk mendapat informasi terbaru langsung di ponsel, sebaiknya kurangi mulai sekarang. SMS premium mungkin kesannya tidak mahal, tetapi tarif satu SMS biasanya sekitar dua ribu rupiah. Bayangkan kalau kamu sering mendapat SMS seperti ini, bukankah pulsamu akan cepat terkuras?

 

Seleksi Permainan Berbayar dengan Baik

Game Mobile

Game Mobile

Para gamer sekarang dimanjakan dengan banyaknya pilihan permainan mengasyikkan yang hanya membutuhkan ponsel untuk memainkannya. Banyak di antara permainan ini yang mengharuskan kamu membayar untuk memainkannya, misalnya dengan cara potong pulsa. Jika kamu keasyikan, bisa-bisa pulsamu cepat habis hanya karena kamu ketagihan bermain di ponsel. Untuk mencegahnya, seleksi dengan baik jenis permainan yang ingin kamu mainkan. Pastikan permainan itu benar-benar membuatmu tertarik, atau bisa dimainkan saat ponselmu sedang tidak tersambung ke internet.

 

Nonaktifkan Koneksi Data Seluler di Ponsel

Ponsel pintar biasanya memiliki koneksi data seluler untuk menyambungkan ponselmu dengan internet ketika tidak ada jaringan Wi-Fi. Kalau kamu tipe yang sering mengaktifkan koneksi data seluler, pulsamu bisa habis jika kamu lupa mematikannya saat tidak digunakan. Walau kamu mungkin bisa cepat membeli pulsa di Traveloka (lihat di: https://www.traveloka.com/connectivity), misalnya, bayangkan jika pulsamu habis di saat genting hanya karena kecerobohan kecil ini. Sayang, bukan?

 

Jangan Selalu Mengaktifkan Roaming  di Luar Negeri

Ilustrasi Roaming

Ilustrasi Roaming

Jika kamu bepergian ke luar negeri, kamu mungkin mengaktifkan roaming agar bisa melakukan panggilan atau mengirim pesan. Padahal, roaming juga bisa menghabiskan banyak pulsa. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan Wi-Fi di area publik untuk melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting, misalnya menelepon atau mengirim pesan yang tidak genting. Atau, kamu bisa memilih layanan paket operatormu yang khusus untuk pengguna ponsel di luar negeri.

 

Matikan Layanan Pembaruan Otomatis

Auto Update

Auto Update

Jika kamu menggunakan ponsel pintar, sistem operasi ponselmu biasanya akan mengalami pembaruan (auto update) secara berkala. Masalahnya, jika pembaruan ini terjadi secara otomatis di saat pulsamu tinggal sedikit, kamu bisa kehabisan pulsa secara mendadak. Solusinya, selain rajin membeli pulsa di Traveloka ketika sudah tinggal sedikit, kamu bisa juga mematikan pilihan layanan pembaruan otomatis, atau perbarui hanya jika ponselmu tersambung ke Wi-Fi (jika pilihan ini ada).

 

Apakah Kamu Benar-Benar Perlu Layanan RBT?

Nada Dering

Nada Dering

Layanan nada dering balik (Ring Back Tone) cukup populer karena biasanya menggunakan lagu-lagu penyanyi populer. Pertanyaannya: apakah kamu benar-benar membutuhkan layanan tersebut? Ingat, walau sekilas menyenangkan, RBT sebenarnya memakan pulsamu. Semakin sering kamu menelepon dan menunggu sampai orang di seberang sana mengangkatnya, semakin banyak juga pulsamu yang habis.

 

Pulsa Habis Sendiri? Hubungi Layanan Operatormu!

Ilustrasi

Ilustrasi

Mungkin kamu sering mengalami hal ini: kamu menerima SMS berisi layanan premium, dan pulsamu tahu-tahu berkurang hingga akhirnya habis. Hal ini kadang terjadi walau kamu tidak pernah memesan layanan SMS premium apapun. Jika itu terjadi, coba memilih pilihan UNREG alias berhenti berlangganan sesuai dengan metode yang disarankan operatormu. Jika tidak berhasil, hubungi nomor layanan pelanggan agar masalahmu bisa cepat diselesaikan.

 

Walau mungkin kamu jarang menelepon, ada berbagai sebab mengapa pulsamu cepat habis. Jadi, jangan lupa melakukan hal-hal di atas agar pulsa dan paket internet ponselmu awet.