Banyak Exoplanet, NASA Ingin Temukan Planet seperti di 'Star Wars'

134 views

CALIFORNIA – Hanya ada delapan planet di tata surya kita, termasuk Bumi. Tetapi dalam 20 tahun sejak manusia pertama kali mendeteksi planet di luar lingkungan langit, lebih dari 3.400 exoplanet telah ditemukan. Mengingat luas dan besarnya pengetahuan terus meningkat dari alam semesta, jumlah planet yang ada di dalamnya cenderung tak terhitung seperti jumlah bintang.

Saking besarnya, para ilmuwan memperkirakan bahwa beberapa dari planet tersebut mungkin seperti Hoth, Tatooine, atau Scarif di film ‘Star Wars’. Ilmuwan NASA menganalisis data yang ada pada exoplanets untuk melihat apakah planet tersebut ada di Bima Sakti bukan di galaksi yang jauh. Mereka telah menemukan beberapa hal menarik.

Penemuan Planet Kepler 16b, Planet Saturnus berukuran sekira 200 tahun cahaya, diumumkan pada 2011. Planet itu dijuluki Tatooine karena seperti planet fiksi dan memiliki dua matahari. Jika berada di planet ini, Anda akan memiliki dua bayangan, dan masing-masing dari matahari terbenam dua kali dalam seharian dan akan menjadi unik karena dua bintang mengubah posisi relatif mereka setiap hari.

Sekitar setengah bintang-bintang di Galaksi Bima Sakti berpasangan, bukannya solo seperti matahari. Meski Kepler-16b sangat dingin dan tidak ramah terhadap makhluk hidup, ada kondisi yang mungkin tepat untuk kehidupan di planet lain di orbit yang berada di sekitar sistem dual-bintang.

Planet gurun seperti Jakku atau Jedha di ‘Star Wars’ lebih mudah untuk dikenali, Mars adalah salah satu dari mereka. Sementara Mars sendiri tidak layak dihuni saat ini, para ilmuwan NASA berpikir planet gurun lainnya mungkin cukup umum dan beberapa dari mereka juga cenderung bisa dihuni.

Menggunakan Optical Gravitational Lensing Experiment, astronom menemukan OGLE 2005-BLG-390L, yang telah dijuluki Hoth dari nama planet es di ‘Star Waras’. Super-Earth ini ditemukan pada 2006 dan terlalu dingin untuk mendukung kehidupan. Namun, Bulan Jupiter Europa masih mungkin mendukung kehidupan di bawah sehingga NASA merencanakan misi untuk mengeksplorasi kemungkinan itu.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/12/19/56/1570701/banyak-exoplanet-nasa-ingin-temukan-planet-seperti-di-star-wars

Leave a reply "Banyak Exoplanet, NASA Ingin Temukan Planet seperti di 'Star Wars'"

Author: 
    author