Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

2172 views

DroidMu dot com ~ Android sudah tidak asing di telinga masyarakat karena ponsel tersebut sudah menjangkau semua kalangan tanpa batasan usia. Ponsel ini tengah ramai diperbincangkan dan menduduki posisi teratas pasar ponsel di Indonesia. Lakunya android di pasaran tentu bukan tanpa alasan, karena ponsel ini menjanjikan kualitas maksimal baik itu dalam berkomunikasi atau berselancar di dunia maya. Namun ponsel android bukan tanpa kekurangan, karena terdapat beberapa masalah yang seringkali menimpa para pengguna salah satunya kehabisan baterai. Kecanggihan android seakan lurus dengan borosnya daya. Kehabisan baterai tentu akan menjadi masalah yang cukup serius jika terjadi saat melakukan perjalanan jauh, terlebih bagi mereka yang sering melibatkan android dalam masalah pekerjaan. Namun jangan khawatir, karena kami akan membagikan ulasan tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone Android. Tips ini diharapkan mampu menjawab masalah yang selama ini seringkali menimpa para pengguna android. Selamat menyimak!

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Mengubah Koneksi

Walaupun terdengar sepele, namun masalah koneksi akan membuat baterai android menjadi boros. Ketidakstabilan koneksi akan membuat ponsel android anda bekerja lebih keras karena harus mencari paparan sinyal terbaik. Maka dari itu anda harus mengubah koneksi, menyesuaikan dengan lokasi atau tempat di mana anda berada. Jika anda sedang berada di lokasi hotspot, sebaiknya matikan akses selular lalu menghubungkan android pada jaringan Wifi yang tersedia.

Matikan Bluetooth

Cara menghemat baterai smartphone android berikutnya yakni mematikan bluetooth. Masalah ini sebetulnya sangat sepele, namun seringkali dilupakan oleh para pengguna android. Setelah memakai bluetooth dalam proses transfer data, mayoritas pengguna android sering lupa mematikannya sehingga baterai menjadi boros. Jika hal ini dilakukan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin baterai android menjadi rusak dan tidak tahan lama.

Matikan GPS

Fitur GPS sangat bermanfaat bagi para penguna android, karena bisa digunakan sebagai penunjuk arah ketika sedang dalam perjalanan jauh di tempat yang asing. Namun fitur GPS akan memberi efek buruk jika tidak dimatikan dalam jangka waktu lama, karena akan menghabiskan banyak daya. Maka dari itu anda harus mematikan GPS jika sedang tidak dipakai.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Layar yang cerah tentu saja akan lebih menarik dan mempercantik tampilan android. Namun tampilan layar yang cerah tentu sejalan dengan penggunaan daya yang tinggi. Anda harus menyesuaikan kebutuhan dalam mengatur kecerahan layar. Jika anda sedang dalam perjalanan jauh dan ingin menghemat baterai, maka ubahlah tingkat kecerahan warna menjadi agak redup atau tidak terlalu terang. Cara ini sangat efektif dalam menghemat baterai android sehingga lebih tahan lama dalam segi pemakaiaan.

Instal Aplikasi Penghemat Baterai

Cara terakhir untuk menghemat baterai adalalah dengan menginstal aplikasi khusus penghemat baterai. Cara ini termasuk sederhana karena anda hanya perlu menginstalnya melalui Play Store. Adapun aplikasi penghemat baterai terbaik dan terpopuler yaitu DU Battery Saver. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi sejenis. Banyak orang yang sudah berhasil menghemat baterai android dengan menggunakan aplikasi ini, kini saatnya anda mengikuti jejak mereka.

Itulah beberapa Tips dan Cara Menghemat Baterai Smartphone Android. Dengan menerapkan cara-cara di atas, maka anda akan terhindar dari masalah kehabisan baterai yang selama ini mengganggu. Jangan sampai akses informasi dan komunikasi menjadi terhambat hanya karena kehabisan baterai. Masalah tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipecahkan jika anda mau menerapkan langkahnya dengan serius. Sekian ulasan dari kami tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone Android, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Menghemat Baterai Smartphone Android"

Author: 
    author