Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

2563 views

DroidMu dot com ~ Penggunaan ponsel bagi masyarakat modern sudah menjadi hal yang sangat penting. Penggunaan ponsel pun kini bukan hanya menjadi sebatas komunikasi saja. Namun sudah melampaui dari hal tersebut. Penggunaan ponsel yang berlebih, sering kali menyebabkan beberapa masalah. Salah satu yang sering dialami pengguna adalah Overheating atau panas yang berlebih. Untuk meminimalkan overheating berikut ini empat cara mengatasi smartphone cepat panas.

Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Salah satu yang menjadi penyebab dari terjadinya overheating adalah beban kerja ponsel yang terlalu berlebih. Faktor lain yang ikut mempengaruhi overheating ini adalah bodi ponsel yang terlalu tipis dan compact namun sang produsen tidak mengimbanginya dengan ventilasi yang baik.

Selain beban kerja ponsel yang berlebih serta terlalu kurangnya ventilasi pada perangkat. Terdapat beberapa faktor lain yang ikut menyumbang dalam membuat ponsel menjadi overheating. Dan jika hal tersebut terjadi pada smartphone anda, berikut ini beberapa penyebab dan empat cara mengatasi smartphone cepat panas yang bisa anda atasi.

Menonaktifkan Fungsi yang Tidak Penting

Smartphone memang selalu dilengkapi beragam fitur yang tentunya akan membutuhkan daya baterai yang tinggi. Banyaknya jumlah aplikasi yang ter install pada smartphone akan membutuhkan lebih banyak energi. Hal tersebut akan membuat smartphone anda menjadi panas.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi tidak penting yang sering berjalan pada background. Dengan menerapkannya maka anda akan bisa membuat smartphone tersebut tetap dingin. Aplikasi yang sering berjalan pada latar belakang adalah Wi-Fi, Bluetooth dan fungsi Switched. Jika anda sudah tidak memerlukannya, maka alangkah baiknya untuk dinonaktifkan. Faktor lain yang bisa menguras baterai adalah penggunaan vibration.

Membatasi Grafis dan Processor Intensive Task

Kegiatan lain yang membuat prosesor lelah adalah web browsing dan gaming. Jika anda melakukan kegiatan tersebut dalam waktu yang lama, maka akan membuat smartphone menjadi benar-benar panas. Anda perlu untuk mengontrol waktu pemakaian. Hal ini agar prosesor bisa terhindar dari resiko panas berlebih.

Menggunakan Baterai Yang Asli

Anda sebisa mungkin harus menghindari pemakaian baterai yang tidak asli. Walaupun banyak yang berpendapat jika menggunakan baterai pihak ketiga sama baiknya dengan menggunakan baterai dari produsen asli. Namun baterai pihak ketiga biasanya akan dijual dengan harga yang lebih murah namun memiliki kapasitas yang sama dan tentunya kualitas yang didapat akan jauh dari baterai asli. Hal ini akan bisa merugikan perangkat anda.

Perawatan Smartphone dan Baterai

Perawatan pada baterai sangat diperlukan agar bisa terhindar dari kerusakan baik pada baterai maupun pada smartphone. Lakukan pemakaian secara wajar dan tidak berlebihan. Hal ini agar bisa menjaga prosesor tetap dalam keadaan dingin dan tidak terus bekerja secara berlebih.

Itulah beberapa penyebab dan Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas. Jika smartphone anda mengalami hal tersebut, maka sudah mulai saatnya anda memperhatikan pemakaian dari smartphone. Seperti tidak terlalu memaksakan penggunaan saat smartphone sudah panas, menghindari dari penggunaan baterai yang tidak asli, serta selalu mengecek aplikasi-aplikasi yang bekerja pada background. Jika aplikasi tersebut tidak anda perlukan, seperti WiFi,  maka anda perlu untuk menonaktifkannya.

Leave a reply "Empat Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas"

Author: 
    author