Fenomena 'Om Telolet Om', JK Sebut Aneh tapi Bagus, Jokowi…  

149 views

Sabtu, 24 Desember 2016 | 09:03 WIB

Fenomena 'Om Telolet Om', JK Sebut Aneh tapi Bagus, Jokowi...  

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri haul wafatnya Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. TEMPO/Ishomuddin

InformasiJakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai positif fenomena "Om Telolet Om" yang menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. "Memang aneh, tapi itu bagus," katanya kepada pers di kantor Wapres di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 23 Desember 2016.

Ia memperkirakan fenomena tersebut bersifat sementara dan tidak akan berlangsung lama, seperti halnya permainan Pokeman. "Sama dengan Pokemon. Sekarang ada yang masih main Pokemon enggak?" Kalla bertanya kepada pers dan langsung dijawab “tidak” secara serentak oleh para wartawan yang memadati ruang pertemuan di kantor Wapres.

Bahkan Kalla memprediksi durasi trending topic fenomena "Om Telolet Om"di media sosial paling lama sebulan. "Jadi memang fenomena itu hanya ingin ketenaran. Anak-anak ingin masuk TV," ujar Kalla.

Baca: Om Telolet Om Jadi Fenomena Dunia, Ini Ulasan Pengamat

"Om Telolet Om" merupakan fenomena anak-anak dan remaja meminta sopir bus membunyikan klakson yang sudah dimodifikasi menjadi sebuah irama unik. Bus-bus tersebut biasanya melayani angkutan penumpang antarkota dan antarprovinsi.

Fenomena ini masuk ranah Internet dan media sosial yang kemudian menjadi terkenal saat para remaja mengganggu akun media sosial figur publik, seperti Donald Trump, Marshmello, Firebeatz, Dillon Francis, dan Cash Cash, dengan menuliskan "Om Telolet Om" di kolom komentar.

Fenomena ini kemudian ditanggapi dengan dibuatnya berbagai aransemen musik oleh para DJ, lalu dipublikasikan melalui akun media sosial mereka dan dimainkan dalam konser massal. Salah satu konser musik, yaitu Life in Color Miami, mengumumkan "Om Telolet Om" sebagai tema rahasianya.

Baca: Empat Pelajaran Berharga Om Telolet Om

Baru-baru ini, pihak kepolisian berencana menindak pengendara yang memasang klakson modifikasi "Om Telolet Om" karena dinilai melanggar aturan lalu lintas. 

Presiden Joko Widodo pun ikut berkomentar mengenai fenomena "Om telolet Om". "Ya, ini kekuatan dan potensi media sosial yang kita lihat, yaitu sebuah kesederhanaan, sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi. Saya kira sangat bagus," kata Presiden Jokowi di Karawang, Jawa Barat, Jumat, 23 Desember 2016.

Presiden melihat ada cara-cara unik tersendiri yang dilakukan sebagian masyarakat untuk memperoleh kesenangan atau hiburan. Namun Presiden menegaskan harus ada batas-batas yang tidak boleh dilanggar meski hal itu dilakukan untuk sekadar mencari kesenangan.

"Ya, pasti ada batas-batasnya, masak bus baru berjalan dicegat di tengah jalan gini, ya hal-hal seperti itu yang dilarang," tuturnya.

ANTARA | AMIRULLAH | MAYA NAWANGWULAN

 

Sumber : http://tempo.co/read/news/2016/12/24/072830257/Fenomena-Om-Telolet-Om-JK-Sebut-Aneh-tapi-Bagus-Jokowi

Leave a reply "Fenomena 'Om Telolet Om', JK Sebut Aneh tapi Bagus, Jokowi…  "

Author: 
    author