Ketersediaan Chipset Menipis, Jadwal Rilis Galaxy S8 & Mi 6 Mundur

161 views

SEOUL – Belum lama, Galaxy S8 dan Mi 6 dirumorkan bakal rilis pada Februari. Kendati demikian, laporan teranyar mengabarkan bahwa jumlah ketersediaan chipset Qualcomm Snapdragon 835 tidak terpenuhi dan berpotensi mengakibatkan mundurnya tanggal perilisan.

Dilaporkan Gizmo China, Senin (26/12/2016), penundaan mungkin tidak ada hubungannya dengan chip Qualcomm Snapdragon 835 yang akan digunakan S8 dan Mi 6. Menurut laporan yang berasal dari Taiwan, kapasitas produksi Samsung saat ini tidak dapat memenuhi jumlah prosesor yang dibutuhkan. Seperti diketahui, Snapdragon 835 diproduksi pada proses simpul 10 nm Samsung, sehingga Samsung Foundry adalah pemasok chip.

Karena perangkat Samsung sendiri diperkirakan akan menggunakan chip SD 835, akibatnya jumlah hasil produksi menjadi rendah. Implikasi dari hal ini adalah peluncuran Galaxy S8 mungkin akan bergeser dari Februari ke April tahun depan. Analis Kevin Wang sebelumnya sempat menyatakan khawatir atas tanggal rilis Galaxy S8. Dalam nada yang sama, peluncuran Xiaomi Mi 6 mungkin juga akan bergeser dari Q1 ke Q2 2017.

Di sisi lain, smartphone andalan Meizu MX7 yang diharapkan bakal menggunakan prosesor MediaTek Helio X30 juga dikatakan bakal mundur tanggal peluncurannya selama beberapa bulan. Chipset Helio X30 yang diumumkan pada September sebagai chip MediaTek pertama yang dibangun pada proses TSMC 10 nm dibangun dengan proses manufaktur 10 nm. Perilisan Meizu MX7 bahkan mungkin bergeser empat sampai lima bulan karena TSMC juga mengerjakan chip Apple A11 yang menggunakan proses manufaktur 10 nm yang sama.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/12/26/57/1576049/ketersediaan-chipset-menipis-jadwal-rilis-galaxy-s8-mi-6-mundur

Leave a reply "Ketersediaan Chipset Menipis, Jadwal Rilis Galaxy S8 & Mi 6 Mundur"

Author: 
    author