Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus

2115 views

DroidMu dot com ~ Perkembangan virus maupun malware pada smartphone Android semakin meningkat. Beberapa aplikasi antivirus untuk Android pun banyak yang beredar di play store. Aplikasi tersebut menawarkan untuk membasmi virus dan malware yang menjangkiti smartphone Android. Selain menggunakan aplikasi antivirus, sebenarnya ada Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android dari Virus.

Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Virus dan malware dalam dunia android merupakan program jahat yang dibuat untuk mengumpulkan informasi dari device yang diinfeksi. Banyaknya virus maupun malware yang dibuat untuk sistem operasi android merupakan hal yang wajar. Sebab tren sekarang ini lebih banyak pemakaian smartphone, tablet maupun note yang memakai sistem operasi android. Hal ini dapat dilihat dengan semakin gencarnya perilisan smartphone android seperti yang baru dirilis di Indonesia yakni Android One.

Proses penyebaran virus maupun malware menggunakan pemrograman khusus yang diinstruksikan untuk meng kloning kepada smartphone android yang belum terinfeksi. Sebenarnya untuk penyebaran virus tersebut memanfaatkan celah dari pemakai smartphone. Jadi dengan memanfaatkan celah kesalahan dari pemakai smartphone, virus maupun malware dengan leluasa menyebar atau menggandakan diri.

Dengan pemakaian yang tidak hati-hati, virus dan malware dapat leluasa menjangkiti smartphone Anda. Beberapa langkah mudah melindungi smartphone Android dari virus dapat dijadikan referensi untuk menghindari penyebaran malware dan virus android.

  • Jangan Asal Tekan

Kemudahan dalam pengoperasian smartphone Android terkadang membuat lupa. Kemudahan pengoperasian tersebut salah satunya yakni tinggal tekan tekan dan tekan. Karena keasyikan dengan aplikasi maupun permainan Android, kita dengan mudahnya menekan iklan atau aplikasi yang lain.

Pembuat virus dan malware memanfaatkan kelemahan "asal tekan" ini. Dengan mengirimkan iklan yang terinfeksi maupun form login palsu, virus dan malware dapat dengan mudah menginfeksi maupun mengumpulkan username dan password Anda. Dengan data-data rahasia Anda yang telah dikumpulkan maka pembuat virus dapat mengakses akun-akun Anda seperti media sosial bahkan email.

Langkah mudah melindungi smartphone Android dari virus ini kembali pada diri Anda sendiri. Biasakan sebelum menekan iklan, tautan maupun aplikasi untuk melihat terlebih dahulu. Apabila tautan atau iklan tersebut tidak Anda ketahui atau ada yang janggal lebih baik jangan ditekan. Langkah sederhana tersebut dapat menghindarkan smartphone dari penyebaran virus maupun malware berbahaya.

  • Menonaktifkan Unknown Sources

Langkah mudah melindungi smartphone Android dari virus berikutnya yakni menonaktifkan Unknown Sources. Penyetelan Unknown Sources atau sumber yang tidak diketahui dapat dilakukan pada bagian pengaturan. Dengan menonaktifkan Unknown Sources ini, secara tidak langsung Anda melindungi smartphone dari aplikasi yang tidak dikenal. Apabila dinonaktifkan, secara otomatis smartphone android tidak bisa menginstall aplikasi yang tidak dikenal.

Pada setelan standart, Unknown Sources ini berada pada posisi tidak aktif. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui letak dari Unknown Sources agar yakin dalam posisi aktif atau tidak aktif. Anda dapat membaca artikel berikut ini agar lebih jelas Menginstall File Apk.

  • Baca Ijin Aplikasi

Ketika mengunduh dan memasang aplikasi dari Android market, Anda pasti akan diberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai ijin aplikasi. Ijin aplikasi tersebut merupakan kewajiban bagi setiap aplikasi android yang akan di install. Dalam ijin aplikasi terdapat beberapa poin penting yang menjelaskan akses apa saja yang akan dijalankan dan dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Akses tersebut misalnya kamera, gps, wifi, data dan sebagainya.

Terkadang kita mengabaikan ijin aplikasi tersebut dengan langsung menekan accept. Anda bisa meluangkan waktu beberapa detik untuk membaca akses apa saja yang dibutuhkan sebuah aplikasi. Dengan meluangkan waktu sebentar untuk membaca ijin aplikasi, Anda dapat mencegah aplikasi virus maupun malware yang akan dipasang pada smartphone android.

  • Hindari Aplikasi Diluar Market Resmi

Dalam dunia android terdapat market, misalnya playstore, mobogenie dan sebagainya. Market resmi tersebut merupakan tempat aplikasi android yang terdiri dari berbagai macam aplikasi, misalnya aplikasi, game, buku elektronik dan sebagainya. Diluar market resmi, banyak juga aplikasi tidak resmi biasanya dalam bentuk file dot apk (*.apk).

Walaupun aplikasi diluar market resmi tersebut ada yang aman, namun banyak sekali aplikasi android yang tidak aman. Dengan kata lain, aplikasi diluar market resmi tersebut banyak yang telah dimodifikasi bahasa pemrogramannya dengan menyisipkan malware maupun virus. Jika pada market yang resmi, aplikasi yang terdapat di dalamnya sudah melalui pemeriksaan virus dan malware. Sehingga aplikasi pada market resmi sangat aman untuk dipasang dalam device android. Jadi langkah mudah melindungi smartphone Android dari virus dengan menghindari aplikasi diluar market resmi.

  • Pasang Antivirus

Banyak sekali developer yang membuat antivirus pada sistem operasi Android. Beberapa developer tersebut antara lain AVG, Avast, Norton, McAfee, Kapersky dan lain-lain. Developer-developer tersebut sama bagusnya untuk mengidentifikasi virus, spy, phising maupun malware.

Yang perlu diingat, untuk memasang antivirus usahakan hanya satu antivirus untuk dipasang pada smartphone android Anda. Jika terpasang lebih dari satu antivirus maka bukan tidak mungkin akan membuat smartphone Anda lebih lambat. Sebab untuk setiap aplikasi antivirus akan memakan ruang memori internal, RAM maupun daya baterei Anda.

Pilihan memasang antivirus merupakan pilihan terakhir, sebab antivirus pun belum tentu membantu. Sebenarnya pada sistem operasi Android sudah terdapat Google Play Services yang secara teratur melakukan pengecekan terhadap smartphone android. Ketika diketahui ada aplikasi yang cukup berbahaya, maka secara otomatis Google Play Services akan menarik aplikasi tersebut.

 

Demikianlah beberapa Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus. Dengan membiasakan jangan asal tekan, menonaktifkan unknown sources, membaca terlebih dahulu ijin aplikasi, menghindari aplikasi diluar market resmi dan memasang antivirus dapat mencegah penyebaran virus maupun malware android.

 

Leave a reply "Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus"

Author: 
    author