Membuat Baterei Smartphone Android Tahan Lama

1962 views

DroidMu dot com ~ Smartphone dengan sistem operasi Android sangat banyak populasinya di dunia. Kecanggihan dari smartphone Android yakni adanya support dari ribuan developer-developer. Dengan banyaknya developer tersebut semakin banyak aplikasi berbasis Android yang di rilis di play store atau market lainnya. Namun dengan banyaknya aplikasi Android tersebut akan berdampak pada sisi hardware smartphone terutama pada daya baterei. Seperti yang kita tahu, kebanyakan smartphone Android memiliki kapasitas baterei yang pas-pas an sehingga akan lebih cepat habis daya nya. Berikut ini tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat membuat baterei smartphone Android tahan lama.

Membuat Baterei Smartphone Android Tahan Lama

Membuat Baterei Smartphone Android Tahan Lama

Tips Membuat Baterei Smartphone Android Tahan Lama

Sebenarnya untuk membuat baterei smartphone Android tahan lama adalah dengan menghematnya. Banyak aplikasi di play store yang menawarkan untuk menghemat baterei. Memang dengan memasang aplikasi tersebut pada smartphone akan dapat menghemat baterei. Namun tahukah Anda jika aplikasi tersebut justru akan membuat baterei lebih cepat habis. Logika sederhana nya yakni aplikasi yang terpasang pada smartphone akan memakan daya baterei.

Membuat baterei smartphone Android tahan lama sangat mudah dilakukan. Hanya dengan melakukan langkah berikut ini, smartphone Android Anda akan lebih hemat baterei.

  • Gunakan dengan bijak data seluler Anda

Data seluler memang merupakan salah satu poin penting yang menyedot kapasitas baterei. Hal ini disebabkan, data seluler yang aktif akan terus menerus memakai daya baterei. Dengan melakukan browsing, surfing di dunia maya, daya baterei akan lebih cepat habis. Di samping menjalankan aplikasi semisal facebook yang memakan baterei, data seluler juga memakan baterei dengan memanggil dan mengunduh data yang diminta aplikasi tersebut.

Memang dengan memiliki smartphone Android, kita membutuhkan data seluler untuk terhubung dengan dunia maya. Namun apabila tidak dipakai, sebaiknya data seluler tersebut di nonaktifkan melalui halaman pengaturan. Dengan langkah bijak tersebut umur baterei smartphone Anda akan lebih lama.

  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada smartphone Android juga menyebabkan kapasitas baterei akan cepat habis. Terkadang kebiasaan pemakaian smartphone adalah dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa menutup aplikasi yang tidak digunakan lagi. Nah, langkah kedua untuk menghemat baterei smartphone Anda dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Langkah menutup aplikasi tersebut juga dilakukan oleh aplikasi penghemat baterei.

  • Atur kecerahan layar smartphone Anda

Kecerahan layar smartphone juga berpengaruh dalam pemakaian baterei. Dengan layar yang cerah tersebut membuat baterei lebih boros. Sebaiknya melakukan pengaturan pada tingkat kecerahan layar Anda. Gunakan layar yang cerah sekali sewaktu gelap atau berada di dalam ruangan. Sebaliknya jika berada di luar ruangan lebih baik menurunkan tingkat kecerahan layar.

  • Bijaklah dalam bermain game Android

Bermain game sangatlah menarik untuk dilakukan. Apalagi banyaknya permainan yang menarik untuk sistem operasi Android. Karakter sebuah permainan yakni dengan mengandalkan kualitas grafis yang tinggi dan detail. Dengan karakteristik tersebut tentunya juga membuat baterei lebih boros.

Untuk poin ini diperlukan kebijakan dari Anda untuk membatasi bermain game Android. Dengan membatasi bermain game tersebut membuat daya tahan baterei lebih tahan lama. Di samping itu juga membuat umur smartphone Android Anda lebih lama daripada dibuat bermain game secara terus menerus.

Beberapa tips di atas sangat mudah dilakukan oleh Anda. Dengan melakukan langkah mudah tersebut membuat baterei smartphone Android tahan lama dan tidak boros. Aplikasi khusus untuk menghemat baterei tidak diperlukan apabila Anda mengetahui cara menghemat baterei smartphone Android.

 

 

Leave a reply "Membuat Baterei Smartphone Android Tahan Lama"

Author: 
    author