Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web

3868 views

DroidMu dot com ~ Aplikasi layanan percakapan yang telah dibeli oleh CEO Facebook ini terus berbenah. Whatsapp melakukan terobosan inovasi untuk mempertahankan eksistensinya di ranah layanan percakapan. Salah satu terobosan tersebut yakni dengan meluncurkan layanan Whatsapp Web pada Januari 2015 lalu. Untuk mengetahui seluk beluk layanan terbaru dari Whatsapp tersebut, lebih baik jika kita mencoba chatting dengan layanan Whatsapp Web.

Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web

Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web

Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web

Seperti yang kita ketahui bahwa Whatsapp merupakan layanan yang bisa dibilang lengkap. Fitur fitur andalan dari Whatsapp ini antara lain perpesanan baik teks maupun multimedia, melakukan panggilan, chat grup serta fitur terbaru Whatsapp Web. Semua layanan Whatsapp tersebut berjalan menggunakan paket data telepon Anda yang telah mendukung jaringan 4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi.

Menarik untuk mengupas fitur terbaru dari Whatsapp yakni Whatsapp Web. Fitur yang diluncurkan awal tahun 2015 tersebut pasti mengundang pertanyaan Apa itu Whatsapp Web?. Secara sederhana, Whatsapp Web sama fungsinya dengan Whatsapp pada flatform Android maupun flatform ponsel cerdas lainnya. Hanya saja Whatsapp Web dijalankan dengan menggunakan browser versi terbaru, misalnya Chrome, Mozilla Firefox, Opera, ataupun Safari. Jadi fitur Whatsapp Web tidak membutuhkan instalasi program pada komputer PC maupun laptop Anda.

Kelebihan dari Whatsapp Web tersebut kita tidak perlu membuat akun baru lagi. Dalam arti kita hanya harus mensinkronisasi akun Whatsapp yang terpasang di smartphone ke browser melalui pemindaian kode QR. Setelah kode QR dipindai maka browser secara otomatis menampilkan data percakapan yang kita miliki sesuai dengan Whatsapp di smartphone.

Keuntungan menggunakan Whatsapp Web yakni kita bisa memantau akun kita melalui komputer PC maupun laptop. Hal ini memudahkan mereka yang bekerja di depan layar monitor terutama di bidang online shop dan lainnya. Selain itu, dengan Whatsapp Web ini kita dapat lebih mudah mengetik pesan melalui keyboard komputer atau laptop.

Sebelum mencoba chatting dengan layanan Whatsapp Web, terlebih dahulu perbarui/ update aplikasi Whatsapp yang terdapat dalam smartphone Anda. Walaupun ada empat browser telah mendukung Whatsapp Web ini, kali ini kita akan mencoba memakai salah satu browser yakni Google Chrome. Jika Anda ingin mengupdate aplikasi Whatsapp terbaru silakan klik gambar di bawah ini.

Download

 

Langkah Menggunakan Layanan Whatsapp Web

Pertama-tama, silakan buka browser Chrome Anda, lalu isi url dengan alamat https://web.whatsapp.com atau klik tautan tersebut. Setelah terbuka, maka akan dibuatkan kode QR seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web

Whatsapp Web

Langkah berikutnya yakni buka aplikasi Whatsapp pada smartphone Anda. Tekan menu (biasanya pada tombol kiri bawah) sehingga tampil menu seperti gambar di bawah ini lalu pilihlah Whatsapp Web. Setelah memilih Whatsapp Web, maka akan muncul halaman yang terdapat scanner barcode. Arahkan smartphone hingga mengarah pada kode QR yang terdapat pada browser tadi.

Pindai Kode QR Whatsapp Web

Pindai Kode QR Whatsapp Web

Setelah terpindai kode QR maka secara otomatis browser dengan alamat https://web.whatsapp.com melakukan sinkronisasi terhadap akun Whatsapp yang terdapat di smarphone. Dan taraaa... seluruh percakapan Whatsapp yang terdapat dalam smartphone dapat kita lihat pada komputer / laptop. Anda dapat mengirim dan menerima pesan teks atau multimedia melalui browser tersebut.

Kelebihan Whatsapp Web

Tampilan Whatsapp Web

Jika Anda telah selesai menggunakan Whatsapp Web, maka ada 2 cara Anda keluar/ log out. Cara pertama tentunya melalui browser tersebut. Yakni pada bagian kontak sebelah kiri, pilihlah menu pada pojok kanan atas. Setelah itu akan keluar menu dropdown dan pilihlah Log out.

Log out Whatsapp Web

Proses Log out via Browser

Cara kedua keluar dari Whatsapp Web yakni melalui aplikasi Whatsapp pada smartphone Anda. Tekan Menu pilihlah Whatsapp Web lalu tekan Log out from all computers. Maka secara otomatis Whatsapp Web keluar dari akun dan pindah ke halaman awal.

Cara Log out Whatsapp Web

Proses Log out via Aplikasi Smartphone

Setelah mencoba chatting dengan layanan Whatsapp Web, kita dapat mengetahui betapa mudahnya menerima dan mengirim pesan melalui komputer atau laptop. Terkadang mengetik pesan dengan smartphone agak merepotkan, apalagi yang mempunyai jari tangan agak besar dan ukuran layar smartphone yang kecil. Dengan Whatsapp Web ini menjadi solusi untuk masalah tersebut. Namun fitur panggilan saya cari-cari kok belum ada. Walaupun agak ribet melakukan panggilan melalui komputer yang harus menyediakan microphone atau paling tidak headset. Semoga ke depannya Whatsapp Web dapat dilengkapi dengan fitur panggilan seperti pada aplikasi Whatsapp di smartphone.

 

Leave a reply "Mencoba Chatting Dengan Layanan Whatsapp Web"

Author: 
    author