Menginstall File Apk Pada Smartphone Android

8808 views

DroidMu dot com ~ Smartphone dengan platform sistem operasi Android memberikan fleksibilitas yang tinggi terhadap penggunanya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya market yang menyediakan aplikasi maupun game android yang resmi secara gratis, misalnya Google Play Store, Mobogenie Market ataupun yang lainnya. Selain penyedia aplikasi resmi tersebut, terkadang pada sebagian forum diskusi maupun website menyediakan juga aplikasi dan game untuk platform android namun yang mereka sediakan berupa file *.apk. Tips Menginstall File Apk Pada Smartphone Android sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Menginstall File Apk Pada Smartphone Android

Menginstall File Apk

File Apk merupakan singkatan dari Android application package, yakni file yang mempunyai ekstensi dot apk (*.apk) dan ditujukan untuk dijalankan pada sistem operasi Android. Sebenarnya untuk semua file baik dalam platform windows untuk komputer maupun Android mempunyai ekstensi (akhiran) masing-masing, dan biasanya ekstensi tersebut sengaja tidak ditampilkan agar pengguna tidak bingung atau agar pengguna tidak mengubah ekstensi yang berakibat tidak bisa dibukanya file tersebut. Contoh ekstensi tersebut misalnya pada file office word dengan ekstensi dot docx (*.docx) yang bisa dibuka dengan aplikasi office, file lagu dengan ekstensi *.mp3 dan lain sebagainya.

Ketika Anda mengunduh dan menginstall aplikasi maupun game pada market Android, sebenarnya yang sedang dikerjakan oleh smartphone Anda mengunduh dan menjalankan file Apk tersebut. Jadi sebenarnya sama saja kita menginstall melalui market Android maupun melalui file dengan ekstensi Apk.

Untuk suatu hal, file dengan ekstensi Apk yang beredar diluar market Android diragukan oleh sistem Android karena bisa jadi file Apk tersebut telah disusupi oleh malware yang mempunyai tujuan tertentu, misalnya malware untuk mengintai pengguna smartphone dan sebagainya. Namun apabila Anda sudah yakin bahwa aplikasi Apk tersebut aman untuk diinstall pada smartphone, berikut ini cara Menginstall File Apk Pada Smartphone Android.

Peringatan Install Apk

Peringatan Install Apk

Cara Menginstall File Apk Pada Smartphone Android

Untuk pengaturan awal, tentu saja Anda mendapat peringatan ketika menginstall Apk ke smartphone seperti dalam gambar di atas. Agar Anda dapat Menginstall File Apk Pada Smartphone Android maka masuk ke menu Settings lalu scroll ke bawah sampai pada menu Security dan tekan. Setelah itu scroll ke bawah sampai pada menu Unknown sources centang lalu oke. Settings >> Security >> centang Unknown sources.

Pengaturan Unknown sources

Pengaturan Untuk Install Apk

Pengaturan Untuk Install Apk

Pengaturan Untuk Install Apk

Setelah melakukan pengaturan di atas, Anda baru bisa Menginstall file Apk Pada Smartphone Android tanpa mendapatkan peringatan dari sistem. Ingat, merubah pengaturan Unknown sources membutuhkan pertimbangan akan segala resiko terhadap aplikasi yang Anda install.

Menginstall Apk Bisa Dilakukan

Menginstall Apk Bisa Dilakukan

  1. Langkah Mudah Melindungi Smartphone Android Dari Virus3 years ago

    […] Pada setelan standart, Unknown Sources ini berada pada posisi tidak aktif. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui letak dari Unknown Sources agar yakin dalam posisi aktif atau tidak aktif. Anda dapat membaca artikel berikut ini agar lebih jelas Menginstall File Apk. […]

    Reply

Leave a reply "Menginstall File Apk Pada Smartphone Android"

Author: 
    author