NASA Kembangkan Robot Es demi Jelajahi Planet-Planet Beku

156 views

CALIFORNIA – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) masih ingin terus menjelajahi kemungkinan adanya tempat hidup di luar Bumi yang sesuai untuk kehidupan manusia. Mereka ingin menjelajah planet beku yang memiliki kandungan air tinggi.

Mereka pun mengembangkan robot es untuk mengumpulkan sampel dari atas atau bawah permukaan bulan es seperti Europa Jupiter. Para insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA mengembangkan robot es tersebut sebagai bagian dari studi Ocean Worlds Mobility and Sensing, yang ingin menjelajah bulan Jupiter, Europa.

"Di masa depan, kami ingin menjawab pertanyaan apakah ada kehidupan di bulan dari planet luar angkasa, seperti Europa, Enceladus, dan Titan," kata Tom Cwik, pemimpin JPL’s Space Technology Program dalam pernyataan yang dikutip Digital Trends, Senin (3/4/2017).

"Kami bekerja dengan kantor pusat NASA untuk mengidentifikasi sistem tertentu yang kita bangun sekarang, sehingga dalam 10 atau 15 tahun, mereka bisa siap untuk pesawat luar angkasa," lanjutnya.

Zat cair menawarkan salah satu taruhan terbaik untuk menemukan kehidupan di luar Bumi. Tapi, pada dunia es, perlu menggali lebih dalam untuk mengaksesnya. Di antara alat-alat baru, terdapat roda yang memungkinkan penemu untuk menavigasi medan es dan lengan lipat yang bisa meregang 33 kaki untuk mengambil sampel di kejauhan, serta peluncur proyektil yang bisa menembak probe sampling hingga 164 kaki.

Engineers juga mengadaptasi metode yang digunakan di Bumi seperti probe meleleh, yang mencair melalui salju dan es untuk membantu para ilmuwan mempelajari daerah bawah. Tapi, karena probe meleleh cenderung tidak efisien, mereka akan membeku jauh sebelum mereka menggali semua jalan melalui kerak Eropa.  

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2017/04/03/56/1657941/nasa-kembangkan-robot-es-demi-jelajahi-planet-planet-beku

Leave a reply "NASA Kembangkan Robot Es demi Jelajahi Planet-Planet Beku"

Author: 
    author