Review Acer Liquid Z205 Smartphone Hemat Performa Pas

2054 views

DroidMu dot com ~ Kali ini kita akan review Acer Liquid Z205 yang merupakan smartphone golongan entry level dengan harga hemat. Lenovo A1900 sudah membenamkan Quad core di range harga yang sama yakni 700rb-an saja, namun kami rasa spesifikasi dari Acer Liquid Z205 lebih pas. Meski Lenovo A1900 sudah Quad Core, namun RAM yang masih menggunakan 512MB, seolah mereduksi kemampuan prosesornya dalam berkerja.

Review Acer Liquid Z205 Smartphone Hemat Performa Pas

Review Acer Liquid Z205

Review Acer Liquid Z205 Smartphone Hemat Performa Pas

Desain Acer Liquid Z205

Review Acer Liquid Z205 yang pertama dalam hal mendesain perangkatnya. Acer selalu memberikan desain yang membenamkan ciri khas dari produk mereka sendiri dan tidak sepenuhnya meniru suksesor yang telah ada sebelumnya seperti layaknya produk murah lainnya. Salah satu desain yang khas yang disematkan di Acer Liquid Z205 adalah tombol AcerRapid. Tombol yang penempatannya ada di belakang bodinya ini berfungsi untuk mengaktifkan kamera, mengambil gambar kamera dan juga mampu menjawab sebuah panggilan masuk dengan menggunakan satu jari saja.

Acer Liquid Z205 ini memiliki dimensi 126mm x 65mm dengan tebal 10,3mm. Berat yang dimiliki Acer Liquid Z205 adalah hanya 130 gram. Meski lebar bodi dan berat tidak bisa dibilang istimewa, namun kami rasa masih cukup nyaman digunakan. Desain smartphone yang tidak terlalu besar ini terkesan manis menurut kami. Lekukan-lekukan baik di setiap sudutnya maupun yang terpampang di bagian depan membuatnya terkesan lembut dan dinamis. Meski terbuat dari bahan plastik, namun lis metalik dan desain yang manis tidak membuatnya nampak murahan.

Seperti yang ada di perangkat pintar android lainnya, terdapat tiga tombol sentuh di bagian depan yang berfungsi untuk home, menu dan juga back. Acer juga nampak cukup percaya diri untuk menampilkan brand mereka di bagian depan perangkat Acer Liquid Z205. Tidak seperti perangkat murah lain yang terkadang seolah malu menampakkan logonya di bagian depan.

Layar Acer Liquid Z205

Review Acer Liquid Z205 ini menggunakan layar LCD dengan resolusi hanya 480 x 800 pixel. Layar 4 inchi ini memang tidak spesial, menilik dari fitur yang dibawanya. Meski begitu, layar Acer Liquid Z205 sudah bekerja semestinya untuk segmentasi pasar smartphone lowend. Layarnya sudah cukup nyaman digunakan untuk ukuran gadget kelas bawah.

Saat di test, layarnya hanya mampu membaca sentuhan yang ada pada dua titik sentuh. Sebenarnya hal ini sudah cukup mewakili untuk menjalankan sebagian besar aplikasi yang ada, namun ada kemungkinan aplikasi yang membutuhkan lebih dari 2 titik sentuh untuk menjalankannya. Sayangnya pengguna harus sabar saat menggunakannya di luar ruangan, pasalnya layar gadget ini belum cukup kuat untuk menahan teriknya sinah matahari yang begitu cerah, sehingga gambar yang ditampilkan menjadi samar-samar.

Software dan Hardware Acer Liquid Z205

Operasi sistem yang telah digunakan Acer Liquid Z205 adalah Android v4.4.2 Kitkat. Dengan kehadiran kitkat, tentu membuat pengguna sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi terbaru. Interface yang ditanamkan adalah default dari android sendiri dan cukup sederhana. Namun pengguna tak perlu khawatir tentunya, karena ada banyak sekali kustomisasi yang bisa anda unduh di play store secara gratis bukan?.

Review Acer Liquid Z205 untuk urusan hardware, Acer Liquid Z205 mempercayakan dirinya kepada chipset dari MTK6572 Mediatek tentunya. Tak heran, karena harga komponen deri mediatek memang cukup kompetitif, namun dibekali dengan fasilitas yang melebihi harganya. Chipset mediatek ini menampung prosesor dual core yang memiliki kecepatan hingga 1GHz. Untungnya performa prosesornya disandingkan dengan RAM sebesar 1GB sehingga bisa memiliki performa yang optimal. Berbeda dengan pesaingnya, yaitu Lenovo A1900 yang menawarkan prosesor Quad core, namun hanya dibekali dengan RAM 512MB yang justru malah menjadi beban.

Untuk urusan pengolahan data grafis, Acer Liquid Z205 mempercayakan pada GPU Mali-400MP. GPU yang digunakan sudah cukup lumayan untuk ukuran gadget entry level, sehingga menghasilkan gambar yang sudah pas. Jika anda gemar bermain game, anda tidak bisa meng install terlalu banyak aplikasi karena memori internal yang disediakan hanya 4GB. Itupun masih belum terpotong karena digunakan oleh aplikasi bawaan dan sistem android kitkat itu sendiri, sehingga memori internal yang tersisa hanya 2,3GB saja. Untungnya pengguna Acer Liquid Z205 masih bisa terbantu dengan adanya slot memori eksternal.

Saat diukur menggunakan aplikasi benchmark, Acer Liquid Z205 mampu mengumpulkan score 10296 untuk antutu sedang 4.054 untuk score Quadrant. Ini membuat Acer Liquid Z205 mampu mengalahkan smartphone Motorola Atrix 4G dan hanya sedikit kalah dengan Asus Transformer TF201. Kedua smartphone tersebut tentu memiliki harga yang jauh lebih mahal dari Acer Liquid Z205. Jika melihat dari performanya, pemilihan Acer Liquid Z205 sebagai gadget idaman adalah pilihan yang tepat untuk pengguna pemula.

Kamera Acer Liquid Z205

Sedangkan Review Acer Liquid Z205 pada bagian kamera. Kamera dari Acer Liquid Z205 ini hanya memiliki resolusi yang cukup kecil, yakni hanya 2MP. Tak hanya itu, kamera utama yang kecil itu juga tak dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan. Untuk penggemar foto selfie juga tak akan leluasa menggunakan Acer Liquid Z205, pasalnya, Acer tak menyertakan kamera depan.

Nampaknya, fitur kamera adalah kelemahan yang dimiliki oleh Acer Liquid Z205. Sangat disayangkan memang,  dimana sejauh ini kami sudah cukup puas dengan apa yang disuguhkan acer dalam perangkat Acer Liquid Z205.  Jika saja Acer Liquid Z205 memiliki resolusi kamera yang lebih besar dan kamera depan dengan resolusi minimal VGA, maka akan membuat Acer Liquid Z205 patut diperhitungkan lawan – lawannya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari review Acer Liquid Z205 adalah, Acer Liquid Z205 merupakan perangkat yang bisa dicoba untuk pengguna pemula. Ia memiliki kelebihan pada performa yang sudah cukup pas, sehingga bisa menjalankan cukup banyak jenis aplikasi. OS yang sudah menggunakan versi kitkat tentu juga membuatnya memiliki fitur yang semakin kaya.

Kekurangan yang jelas ada di Acer Liquid Z205 adalah kamera utama yang hanya berukuran 2MP saja. Ini terhitung kecil meski masih berada di kelas Entry level. Selain itu ketidak adaan Flash juga membuat kamera Acer Liquid Z205 semakin tak berdaya di dalam ruangan. Acer Liquid Z205 juga tak memiliki kamera depan yang berguna saat kita melakukan video calling atau foto selfie.

Memang untuk ukuran entry level, Acer Liquid Z205 patut dicoba. Terlebih lagi kesan yang muncul pada kelas ini adalah perangkat asal-asalan. Asal android, asal pintar dan asal bisa download ini dan itu. Namun Acer bisa memberikan nilai lebih pada perangkat entry levelnya kali ini sehingga tidak bisa dibilang perangkat asal-asalan. Performa bisa dibilang mantab dengan dual core dan RAM 1GB yang dimilikinya.

Leave a reply "Review Acer Liquid Z205 Smartphone Hemat Performa Pas"

Author: 
    author