Saat Sengggang, Bos Facebook Ciptakan Asisten Virtual Mirip Film Iron Man

147 views

Rabu, 21 Desember 2016 | 04:05 WIB

Saat Sengggang, Bos Facebook Ciptakan Asisten Virtual Mirip Film Iron Man

Mark Zuckerberg, pengusaha muda asal Amerika menempati posisi keenam dengan total kekayaan $44,6 miliar. Pendiri dan CEO Facebook yang baru berusia 31 tahun ini pernah terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. bulk.com.vn

Informasi, Jakarta - Apa yang dilakukan Bos Facebook, Mark Zuckerberg, di waktu luangnya? Ternyata tak jauh-jauh dari urusan program komputer.

Zuckerberg mengungkapkan bahwa sepanjang 2016 sudah menghabiskan 100 jam waktu senggangnya untuk membuat kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang ia pakai di rumahnya. Ia menamakan AI itu Jarvis karena terinspirasi oleh asisten virtual yang diciptakan oleh Tony Stark dalam film Iron Man.

"Tujuan saya adalah untuk mempelajari kondisi kecerdasan buatan demi mengetahui hal-hal yang belum banyak terungkap," kata Zuckerberg. "Hal seperti ini membuat selalu membuat saya mampu mempelajari lebih banyak dari yang saya duga. Termasuk yang satu ini juga mampu memberi saya pengertian lebih dalam tentang teknologi yang melatarbelakangi Facebook, terutama untuk diterapkan dalam otomatisasi di rumah."

Zuckerberg menggunakan AI itu, ia mampu berinteraksi dengan alat-alat di rumahnya dengan memanfaatkan Facebook Messenger. Jarvis diprogram untuk mengenali kegemaran serta pola-pola dalam kehiduran dia dan keluarganya, termasuk termasuk dalam mengatur pencahayaan, temperatur, pemakaian peralatan rumah tangga, pemilihan musik. Ia juga mengajari Jarvis kata-kata baru untuk berinteraksi dengan putrinya, Max.

Karena terlalu terikat dengan urusan domestiknya, ia menekankan bahwa AI itu tak mungkin dirilis ke publik. "Tapi ini bisa menjadi landasan bagus untuk menciptakan sebuah produk baru," kata Zuckerberg.

IBTIMES | NURDIN

Baca:
4 Hal Baru yang Perlu Diketahui Tentang Samsung Galaxy S8
Ini 5 Ponsel Android yang Paling Ditunggu di 2017
5 Game Paling Populer 2016: Tahu Bulat hingga Pokemon Go
Berlomba Eksplorasi Luar Angkasa, Berburu Harta Karun?

Sumber : http://tempo.co/read/news/2016/12/21/072829365/Saat-Sengggang-Bos-Facebook-Ciptakan-Asisten-Virtual-Mirip-Film-Iron-Man

Leave a reply "Saat Sengggang, Bos Facebook Ciptakan Asisten Virtual Mirip Film Iron Man"

Author: 
    author