Soal Sertifikasi Ponsel, Kominfo Buka Pendaftaran Merek Global

151 views

JAKARTA - Pasca menggelar konsultasi publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan untuk memangkas proses sertifikasi perangkat telekomunikasi yang akan dipasarkan di Indonesia.

Perangkat yang dimaksud yaitu telefon selular, laptop dan tabet. Melalui Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI), Kominfo memberikan kesempatan bagi pemilik merek perangkat telekomunikasi asing untuk mendaftarkan merek globalnya.

Seperti diungkap melalui situs resmi kominfo.go.id, Kominfo mengusulkan agar kategori merek global memenuhi kriteria yang masuk dalam lima besar pangsa pasar dunia berdasarkan hasil survei lembaga independen internasional, dan/atau memiliki sertifikat dari lembaga uji yang bereputasi Internasional.

Selanjutnya Kominfo akan melakukan evaluasi terhadap merek global yang terdaftar untuk mendapatkan penetapan dari Menkominfo. Perusahaan dengan merek asing harus melampirkan hasil survei lembaga independen internasional dan salinan sertifikat internasional yang dimilikinya untuk melakukan pendaftaran.

Kominfo melayani pendaftaran merek global hingga tanggal 22 Desember 2016 melalui Loket Pelayanan Terpadu Ditjen SDPPI atau melalui surat elektronik dengan alamat gunarto@postel.go.id atau wahyu@postel.go.id.

Penyampaian data-data sebagaimana dimaksud tidak serta merta memperoleh penetapan sebagai merek global.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/12/16/207/1568833/soal-sertifikasi-ponsel-kominfo-buka-pendaftaran-merek-global

Leave a reply "Soal Sertifikasi Ponsel, Kominfo Buka Pendaftaran Merek Global"

Author: 
    author