Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia

2487 views

DroidMu dot com ~ Android One yang digadang-gadang hadir di Indonesia sejak kuartal keempat 2014 nampaknya segera terwujud. Pada tulisan yang lalu Smartphone Android One Segera Hadir di Indonesia, beberapa vendor berminat untuk membesut Android One ini. Namun kelihatannya baru Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia. Ketiga vendor lokal tersebut yakni Evercoss, Mito dan Nexian.

Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia

Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia

Inilah Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia

Secara resmi ketiga vendor lokal tersebut dirilis dalam situs resmi Google yakni http://android.com. Sedangkan untuk launching smartphone Android One di Indonesia dijadwalkan pada Rabu sore 04 Februari 2015 untuk Nexian dan Kamis 05 Februari 2015 untuk Evercoss serta Mito. Penamaan untuk masing-masing Android One yakni Evercoss One X, Mito Impact, Nexian Journey.

Seperti yang kita ketahui, filosofi dari hadirnya Android One di Indonesia ini adalah untuk menjangkau lebih banyak lagi pengguna pemula. Tentunya harga yang ditawarkan pada ketiga produk Android One tersebut sangat terjangkau. Android One memang ditujukan untuk negara berkembang dan telah sukses diluncurkan pertama kali di negara India.

Walaupun ditujukan untuk pengguna pemula smartphone, Android One dibekali dengan sistem operasi Android terbaru yakni Android Lollipop 5.1. Andoid One besutan lokal ini diklaim memiliki daya tahan baterei yang lama dengan kapasitas 1700 mAh dan memiliki kinerja yang lebih baik. Hal ini tidak salah karena untuk menjalankan sistem operasi Andoid Lollipop 5.1, Android One dibekali dengan procesor quadcore Cortex A7 1,3 GHz dan RAM sebesar 1 GB.

Sedangkan untuk spesifikasi Android One ini semuanya mengacu pada spesifikasi yang ditentukan oleh google. Jadi walaupun berbeda merk vendor namun untuk spesifikasi ketiga Android One tersebut sama. Hal ini dikarenakan rancangan Android One yang dirancang oleh google dipakai oleh ketiga vendor lokal di Indonesia untuk membuat dan memasarkan Android One tersebut.

Spesifikasi Smartphone Android One Indonesia

  • Sistem Operasi : Android Lollipop 5.1
  • Dimensi Layar : 4.5 " FWVGA
  • CPU : Quad Core Cortex A7 1.3 GHz
  • RAM : 1 GB
  • Kamera Depan : 2 MP
  • Kamera Belakang : 5 MP
  • Memory : 8 GB up to 32 GB
  • SIM Card : Dual Micro SIM
  • Baterai : Lithium Ion 1700 mAh

Dengan spesifikasi di atas, lebih dari cukup untuk menjalankan Android Lollipop dan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Mengenai masalah harga Android One di Indonesia, masing-masing vendor belum menyinggungnya. Namun sebagai perbandingan di negara India, Android One dilepas dikisaran harga USD 100 atau sekitar Rp. 1.270.000,- dengan kurs saat ini. Semoga harga Android One besutan lokal ini lebih murah daripada harga Android One di India.

Demikianlah ulasan kami mengenai Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia. Sisi positif hadirnya Android One Indonesia ini menjadikan pasar smartphone low end terangkat dari sisi spesifikasi minimum yang ditawarkan. Ibaratnya jika Android One dengan harga terjangkau telah memakai Quad Core, RAM 1 GB dan sistem Android Lollipop masak rentang harga smartphone low end spesifikasinya di bawah Android One hee... :)

  1. author

    Mega2 years ago

    Kira-kira apa ya kemungkinan perbedaan dari ketiga smartphone itu?

    Reply

Leave a reply "Tiga Vendor Lokal Hadirkan Android One di Indonesia"

Author: 
    author