Tips Agar Smartphone Android Menjadi Modem

7062 views

DroidMu dot com ~ Salah satu fungsi dari smartphone Android yang kita miliki adalah menjadikannya sebagai modem. Modem itu sendiri berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang dikirimkan menjadi sinyal analog, sebaliknya ketika modem menerima sinyal analog maka akan diubah menjadi sinyal digital sehingga dapat diproses oleh komputer. Ketika kita akan menjelajah di dunia maya (browsing, chatting, facebook, twitter dll) komputer membutuhkan sebuah modem sebagai alat untuk menghubungkan dengan internet. Nah, smartphone yang kita miliki ternyata memiliki fungsi modem juga. Inilah tips agar smartphone android menjadi modem.

Tips Agar Smartphone Android Menjadi Modem

Tips Agar Smartphone Android Menjadi Modem

Tips Agar Smartphone Android Menjadi Modem

Smartphone Android dapat dijadikan modem untuk komputer pribadi maupun laptop. Cara yang paling mudah untuk menjadikan smartphone android sebagai modem yakni melalui pengaturan. Pada menu pengaturan tersebut, kita dapat melakukan tiga macam modem yakni sebagai Wi-Fi hotspot, USB tethering dan Bluetooth tethering. Ketiga pengaturan tersebut dapat diakses pada bagian berikut Pengaturan/Settings - Wireless & Networks - Tethering & portable hotspot.

Pengaturan Agar Smartphone Android Menjadi Modem

Pengaturan Agar Smartphone Android Menjadi Modem

Tips agar smartphone android menjadi modem pertama yaitu Wi-Fi hotspot, smartphone android kita berfungsi sebagai access point. Jadi jika opsi Wi-Fi hotspot kita aktifkan dan ada teman kita yang menyalakan koneksi wi-fi serta masih dalam jangkauan maka secara otomatis akan mengenali smartphone kita sebagai access point yang dapat mengkoneksikan smartphonenya ke internet. Cara mengaktifkan Wi-Fi hotspot tinggal menggeser tombol ke posisi On. Pada opsi Wi-Fi hotspot ini kita dapat melakukan pengaturan lebih lanjut, misalnya mengganti Network SSID, Security, Password maupun jumlah koneksi maksimal yang diperbolehkan. Pengaturan/Settings - Wireless & Networks - Tethering & portable hotspot Wi-Fi hotspot. Untuk menghubungkan laptop maupun komputer PC maka kita terlebih dahulu harus mengaktifkan fungsi wi-fi sehingga dapat terhubung ke wi-fi hotspot yang telah aktif tadi.

Mengaktifkan Wi-Fi hotspot

Mengaktifkan Wi-Fi hotspot

Pengaturan Lanjutan Wi-Fi hotspot

Pengaturan Lanjutan Wi-Fi hotspot

 

Tips agar smartphone android menjadi modem kedua yakni USB tethering dapat diaktifkan dengan menghubungkan smartphone android Anda ke komputer PC maupun laptop melalui USB/ mini USB. Ketika smarphone android telah dihubungkan ke laptop maupun PC via USB maka Anda tinggal menekan centang agar komputer dan laptop Anda dapat terhubung ke internet. Dengan opsi ini, smartphone Anda menjadi modem yang menghubungkan komputer/ laptop ke internet. Pengaturan/Settings - Wireless & Networks - Tethering & portable hotspotcentang USB tethering.

Mengaktifkan USB tethering

Mengaktifkan USB tethering

Tips agar smartphone android menjadi modem terakhir yakni Bluetooth tethering. Opsi ini sangat jarang sekali digunakan, sebab tidak semua laptop maupun komputer PC dilengkapi dengan bluetooth. Di samping itu jarak jangkauan dari bluetooth ini sangat terbatas daripada Wi-Fi hotspot. Cara mengaktifkan Bluetooth tethering cukup dengan mengaktifkan/ centang. Jika sudah aktif, maka gadget maupun smartphone teman Anda yang aktif bluetoothnya dapat terkoneksi ke internet melalui smartphone Anda. Pengaturan/Settings - Wireless & Networks - Tethering & portable hotspotBluetooth tethering.

Mengaktifkan Bluetooth tethering

Mengaktifkan Bluetooth tethering

Demikianlah tips agar smartphone android menjadi modem. Dengan tiga opsi tersebut Anda bisa memilih opsi mana yang tepat untuk mengkoneksikan komputer maupun laptop ke internet sesuai dengan spesifikasi dan kondisi saat itu. Semoga tips kali ini ada manfaatnya untuk Anda.

Leave a reply "Tips Agar Smartphone Android Menjadi Modem"

Author: 
    author