Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker

3751 views

DroidMu dot com ~ Memiliki smartphone memang sangat fleksibel, apalagi dengan sistem operasi Android. Dengan smartphone Android kita bisa mengerjakan berbagai hal selain melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan sms. Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan smartphone Android misalnya browsing internet, memainkan game, berinteraksi melalui media sosial, bahkan mengerjakan pekerjaan kantor dengan membuka email maupun menyiapkan presentasi dengan aplikasi office. Ketika sedang melakukan aktivitas tersebut seringkali kita merasa terganggu dengan panggilan telepon maupun sms yang masuk ke smartphone kita. Apalagi pada saat kita mengadakan rapat yang tidak boleh diganggu dengan suara telepon atau sms. Kali ini kita akan membahas Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker yang sangat bermanfaat untuk memblokir panggilan telepon dan sms ketika dalam keadaan yang tidak bisa diganggu. Tips kali ini juga bermanfaat untuk memblokir panggilan telepon dan sms dari nomor yang tidak dikenal apalagi menjurus pada modus penipuan yang akhir-akhir ini sering beraksi.

Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker

Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker

aFirewall Blocker

Sebenarnya banyak sekali aplikasi Android yang mempunyai fungsi untuk memblokir panggilan telepon dan sms selain aFirewall Blocker. Bahkan beberapa aplikasi tersebut ada yang buatan putra putri Indonesia. Namun berhubung banyaknya yang menginstall aFirewall Blocker yang pada saat tulisan ini dibuat telah mencapai lebih dari 500 ribu download dengan versi terakhir 4.8.3.
Pada aplikasi aFirewall Blocker ini kita akan membahas versi gratis serta fungsi pokok aplikasi ini, namun Anda dapat mencoba fitur lainnya yang terdapat dalam versi gratis. Beberapa fungsi dalam versi gratis ini ada yang dikunci tetapi kalau Anda mempunyai dana berlebih silakan mengupgrade ke versi berbayar yang tentunya lebih banyak fitur yang dapat kita gunakan.
Fungsi dasar pada aplikasi ini yakni memblokir panggilan telepon dan sms yang sangat mudah untuk dilakukan. Tampilan awal saat Anda membuka aplikasi aFirewall Blocker ini akan terdiri dari 5 tab yakni Manual rules, Scheduled rules, Groups, Call dan Message.

Manual Rules

Manual Rules aFirewall

Manual Rules aFirewall

Manual rules ini berfungsi hanya ketika Anda melakukan pengaturan secara manual dan tidak berulang, misalnya menetapkan pemblokiran telepon maupun sms dalam rentang waktu 1 (satu) jam ketika Anda sedang meeting yang tidak dapat diganggu dengan panggilan telepon dan sms. Ketika manual rules ini berakhir maka otomatis akan mengaktifkan Scheduled rules.

Scheduled Rules

Scheduled  Rules aFirewall

Scheduled Rules aFirewall

Scheduled rules hampir sama dengan manual rules tapi fungsi ini terus berulang dengan pengaturan yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Groups

Groups aFirewall

Groups aFirewall

Groups berfungsi untuk mengelompokkan nomor telepon mana yang akan Anda blokir tentu sebelumnya Anda harus memberi penamaan terlebih dahulu pada grup baru yang dibuat.

Call

Call aFirewall

Call aFirewall

Call ini berisi data telepon masuk yang berhasil diblokir oleh aFirewall ini.

Message

Message aFirewall

Message aFirewall

Message ini berisi data pesan SMS yang masuk yang berhasil diblokir dan pesan autoresponder yang dikirimkan ke nomor telepon yang diblokir. Untuk mengaktifkan autoresponder harus terlebih dahulu melakukan pengaturan pada Manual rules maupun Scheduled rules.

Cara mengaktifkan autoresponder pada aplikasi ini yakni :

Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker

Cara Setting aFirewall

  • Pilih Manual rules atau Scheduled rules;
  • Pilih Add New Rule;
  • Beri nama pada Label;
  • Tentukan waktu, misal pada Manual Rules diisi 1 jam, untuk Scheduled rules silakan diatur sendiri;
  • Tentukan grup yang akan diblokir atau tidak diblokir pada fitur Call blocking or accepting lists dan SMS blocking or accepting lists;
Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker

Cara Setting aFirewall

  • Lalu geser ke bawah sampai pada fitur Call autoresponder atau Message autoresponder;
  • Setting Send to following people, misal everyone;
  • Isi Message dengan kalimat yang Anda inginkan, misal Maaf sedang sibuk;
  • Responding number, isi dengan angka 1, fitur ini akan mengirimkan pesan sebanyak satu kali;
  • Kembali pada tampilan awal dan centang rules yang telah Anda buat;
  • Silakan ditest dengan melakukan panggilan maupun sms.

Walaupun hanya menggunakan versi gratis, aplikasi aFirewall Blocker ini sangatlah ampuh dan efektif dalam menghalau panggilan maupun sms yang tidak dikehendaki. Perbedaan aplikasi gratis dan premium (berbayar) salah satunya terletak pada fitur pilihan untuk menutup panggilan, mengalihkan panggilan dan tentunya dukungan pembaruan dari Pengembang aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi versi gratis silakan download dengan klik pada tombol di bawah ini.

Download Google Play

Demikian Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker kali ini, dengan aplikasi yang sangat ampuh membuat privasi Anda lebih terjaga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Leave a reply "Tips Memblokir Telepon dan SMS dengan aFirewall Blocker"

Author: 
    author